Diskominfo SP Jl. Kalimantan No 1
000 209 392 312 Diskominfo SP
diskominfo.tarakan@gmail.com

VISI

TERWUJUDNYA TARAKAN SEBAGAI KOTA MAJU DAN SEJAHTERA MELALUI SMART CITY

MISI

  1. Meningkatkan Sumber Daya Manusia Yang terampil, Mandiri, Berkualitas dan Berdaya Saing;
  2. Meningkatkan Penyelenggaraan Pemerintahan Yang Amanah, Profesional, Efektif, dan Efisien Yang berbasis Pada Sistem Penganggaran Yang Pro Rakyat;
  3. Meningkatkan dan Mempercepat Pembangunan Infrastruktur Publik Yang Cepat, Mudah, Murah, Adil, dan Transparan;
  4. Mengembangkan Ekonomi Daerah Yang Berorientasi Kepada Kepentingan Rakyat (Ekonomi Pro Rakyat) Melalui Sektor Perdagangan, Jasa, Industri, Pariwisata, dan Pertanian Dalam Arti Luas;
  5. Meningkatkan Pemanfaatan dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Melalui Peningkatan Nilai Tambah Yang Berwawasan Lingkungan Dengan Memanfaatkan Teknologi Tepat Guna, Kreatif, dan Inovatif Berbasiskan Ilmu Pengetahuan;
  6. Meningkatkan Pembangunan Akhlak Dan Moral Sesuai Kearifan Lokal Serta Mewujudkan Kepastian Hukum dan Pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

DAFTAR KECAMATAN

KECAMATAN TARAKAN BARAT
PROFIL KECAMATAN


KECAMATAN TARAKAN TENGAH
PROFIL KECAMATAN


KECAMATAN TARAKAN TIMUR
PROFIL KECAMATAN


KECAMATAN TARAKAN UTARA
PROFIL KECAMATAN


STRUKTUR ORGANISASI KECAMATAN

Tugas Pokok dan Fungsi KECAMATAN

Menurut PP Nomor 17 Tahun 2018 :

Tugas Pokok dan Fungsi Camat

  1. menyelenggarakan urusan pemerintahan umum ditingkat Kecamatan sesuai dengan ketentuan peraturanpenrndang-undangan yang mengatur pelaksanaanurusan pemerintahan umum;
  2. mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  3. mengoordinasikan penerapan dan penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah
  4. mengoordinasikan pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum
  5. mengoordinasikanpenyelenggaraan kegiatanpemerintahan di tingkat Kecamatan
  6. membina dan mengawasi penyelenggaraanpemerintahan desa sesuai dengan ketentuanperaturan perundang-undangan yang mengatur desa
  7. melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah kabupaten/kota yang tidak dilaksanakan oleh unit kerja perangkat daerah kabupaten/kota yang ada di Kecamatan
  8. melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
  9. Selain melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10, camat mendapatkan pelimpahan sebagian kewenangan bupati/ wali kota

Sekretaris

Sekretaris memiliki tugas membantu Camat dalam memberikan pelayanan administratif dan teknis yang meliputi urusan perencanaan, keuangan, umum dan kepegawaian

Sekretaris dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 menyelenggarakan fungsi:

  1. pengoordinasian bahan penyusunan  perumusan, pelaksanaan kebijakan strategis dan teknis norma, standar, prosedur dan kriteria di lingkup Kecamatan;
  2. pengoordinasian  penyusunan, perumusan  dokumen  perencanaan program dan anggaran di lingkup Kecamatan;
  3. pelaksanaan penyusunan, perumusan dan analisa dokumen perencanaan program dan anggaran di lingkup Kecamatan;
  4. pengoordinasian pelaksanaan penelitian/asistensi/pembahasan program, kegiatan dan anggaran dengan unit kerja internal/kementerian/ lembaga/instansi terkait;
  5. pengoordinasian penyusunan, perumusan dokumen pelaporan kinerja, program dan kegiatan serta pertanggungjawaban pemerintah lingkup sekretariat dan Kecamatan;
  6. pengoordinasian, penyusunan, perumusan dokumen hasil monitoring dan evaluasi bulanan, triwulan, semester dan tahunan;
  7. pengoordinasian, penyusunan, perumusan dokumen pelaporan  monitoring dan evaluasi bulanan, triwulan, semester dan tahunan;
  8. pengoordinasian, penyusunan, perumusan dokumen pelaporan  capaian program standar pelayanan yang dilaksanakan oleh Kecamatan;
  9. pengoordinasian, penyusunan, perumusan dokumen pelaporan penatausahaan keuangan bulanan, triwulanan, semester dan tahunan Kecamatan;
  10. pengoordinasian, penyusunan, perumusan dokumen catatan atas laporan keuangan Kecamatan;
  11. pengoordinasian  kesejahteraan pegawai, hukuman disiplin pegawai,  permasalahan yang dihadapi pegawai yang berdampak pada kinerja pegawai dengan unit kerja/lembaga/instansi terkait;
  12. pengoordinasian penyusunan dan analisa  kebutuhan pegawai/pengadaan barang/pemeliharaan aset dinas/perjalanan dinas/penyelenggaraan rapat Kecamatan;
  13. pengoordinasian penyusunan analisa  jabatan, analisa beban kerja, evaluasi jabatan dan standar komptensi jabatan di lingkup Kecamatan;
  14. pengoordinasian hasil evaluasi survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pada lingkup Kecamatan;
  15. Pengelolaan barang milik daerah, arsip dan hubungan masyarakat;
  16. pengoordinasian penyediaan data dan dokumentasi serta  informasi publik;
  17. pengoordinasian pelaksanaan  pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan pelaksanaan tugas pegawai di lingkup Kecamatan;
  18. pengoordinasian dan penyampaian hasil pelaporan dan evaluasi pelaksanaan tugas di lingkup Kecamatan kepada Camat; dan
  19. pelaksanaan tugas lain dari atasan sesuai dengan tugas dan fungsi.


Kepala Subbagian Perencanaan dan Keuangan

Kepala Subbagian perencanaan dan keuangan memiliki tugas:

  1. menyiapkan bahan perumusan dan pelaksanaan  teknis norma, standar, prosedur dan kriteria di lingkup urusan  perencanaan meliputi program, evaluasi dan pelaporan di lingkup Kecamatan;
  2. memfasilitasi rapat koordinasi  penyusunan dan perumusan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Rencana Strategis, Rencana Kerja Tahunan lingkup Kecamatan;
  3. menghimpun/menyusun/menganalisa/merumuskan/dokumen perencanaan program dan kegiatan serta anggaran meliputi Daftar Rencana Program dan Kegiatan, Rencana Kerja Anggaran dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah di lingkup Subbagian Perencanaan dan Keuangan dan Kecamatan;
  4. mengkoordinir penelitian/asistensi/pembahasan program, kegiatan dan anggaran meliputi penyusunan Rencana Kegiatan Anggaran, Dokumen Pelaksanaan Anggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dan Perubahan Anggaran  Pendapatan dan Belanja Daerah;
  5. memfasilitasi rapat koordinasi penyusunan dan perumusan dokumen  Indikator Kinerja Utama, Perjanjian Kinerja atau Penetapan Kinerja, Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah, Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan Laporan Keterangan dan Pertanggung Jawaban di lingkup Kecamatan;
  6. menghimpun/menyusun/menganalisa/merumuskan/ dokumen Indikator Kinerja Utama, Perjanjian Kinerja atau Penetapan Kinerja Laporan Kinerja Instansi Pemerintah, Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan Laporan Keterangan dan Pertanggung Jawaban di lingkup Kecamatan;
  7. menyelenggarakan penatausahaan keuangan di lingkup Kecamatan;
  8. menyelenggarakan pembinaan administrasi keuangan di lingkup Subbagian Perencanaan dan Keuangan serta Kecamatan;
  9. menghimpun/menyusun/menganalisa/merumuskan/ dokumen pelaporan keuangan bulanan, triwulanan, semester dan tahunan di lingkup Kecamatan;
  10. menghimpun/menyusun /menganalisa/merumuskan/dokumen Catatan Atas Laporan Keuangan di lingkup Kecamatan;
  11. mengkoordinasikan Laporan Keuangan dan Catatan Atas Laporan Keuangan kepada unit kerja/Perangkat Daerah terkait;
  12. menyiapkan bahan dan dokumen pendukung pelaksanaan program dan kegiatan di lingkup Subbagian Perencanaan dan Keuangan;
  13. memfasilitasi rapat koordinasi penyusunan dan perumusan dokumen pelaporan hasil monitoring dan evaluasi bulanan, triwulanan, semesteran dan tahunan di lingkup Kecamatan;
  14. menghimpun /menyusun/menganalisa/merumuskan/ dokumen pelaporan hasil monitoring dan evaluasi bulanan, triwulanan, semester dan tahunan di lingkup Subbagian Perencanaan dan Keuangan  dan Kecamatan;
  15. menghimpun/menyusun/menganalisa/merumuskan/ dokumen standar pelayanan lingkup Kecamatan;
  16. melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan pelaksanaan tugas pegawai pada Subbagian Perencanaan dan Keuangan;
  17. menyelenggarakan pengelolaan naskah dinas dan arsip di lingkup Subbagian Perencanaan dan Keuangan;
  18. menyusun laporan dan melakukan evaluasi  pelaksanaan tugas pegawai  pada Subbagian Perencanaan Dan Keuangan; dan
  19. melaksanakan tugas lain dari atasan sesuai dengan tugas.


Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian

Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian memiliki tugas:

  1. menyiapkan bahan perumusan dan  pelaksanaan teknis norma, standar, prosedur dan kriteria di lingkup urusan umum dan kepegawaian di lingkup Kecamatan;
  2. menyiapkan bahan penyusunan dokumen perencanaan program, kegiatan dan anggaran pada Subbagian Umum dan Kepegawaian;
  3. menyiapkan dokumen pendukung pelaksanaan program, kegiatan dan anggaran pada Subbagian Umum dan Kepegawaian;
  4. menyelenggarakan layanan administrasi ketatausahaan di lingkup Kecamatan;
  5. menyelenggarakan layanan administrasi kepegawaian di lingkup Kecamatan;
  6. menyelenggarakan layanan kerumahtanggaan di lingkup Kecamatan;
  7. menyelenggarakan pengelolaan  barang milik daerah di lingkup Kecamatan;
  8. menyelenggarakan  pengadaan dan pencatatan kebutuhan perlengkapan kantor barang pakai habis di lingkup Kecamatan;
  9. melaksanakan kehumasan dan informasi publik;
  10. melaksanakan peningkatan kemampuan dan kapasitas pegawai;
  11. melaksanakan pengelolaan perpustakaan dan kearsipan lingkup Kecamatan;
  12. melaksanakan pelayanan dan pengelolaan perjalanan dinas;
  13. memfasilitasi penyusunan analisa jabatan, analisa beban kerja, evaluasi jabatan dan standar kompetensi jabatan di lingkup Kecamatan;
  14. melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan pelaksanaan tugas pegawai pada Subbagian Umum dan Kepegawaian;
  15. menyelenggarakan survey kepuasan masyarakat terhadap jenis pelayanan yang dilaksanakan Kecamatan;
  16. menyelenggarakan pengelolaan naskah dinas dan arsip di lingkup Subbagian Umum dan Kepegawaian;
  17. menyusun laporan dan melakukan evaluasi  pelaksanaan tugas pegawai  pada Subbagian Umum dan Kepegawaian; dan
  18. melaksanakan tugas lain dari atasan sesuai dengan tugas.


Kepala Seksi Pemerintahan

Kepala Seksi Pemerintahan, memiliki tugas:

  1. menyusun perumusan dan pelaksanaan kebijakan strategis dan teknis pedoman, norma, standar, prosedur dan kriteria pada Seksi Pemerintahan;
  2. menyusun perumusan dan  pelaksanaan program dan anggaran di lingkup Seksi Pemerintahan;
  3. melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan pelaksanaan urusan Pemerintahan;
  4. melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan pelaksanaan tugas pegawai pada Seksi Pemerintahan;
  5. melaksanakan fasilitasi musyawarah perencanaan pembangunan tingkat Kecamatan dan Kelurahan;
  6. melaksanakan pengolahan data dan informasi kependudukan;
  7. melaksanakan monitoring dan evaluasi laporan penerbitan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga;
  8. melaksanakan perekaman data kependudukan;
  9. melaksanakan pelayanan penerbitan dokumen pindah datang/pindah keluar antar Kecamatan dalam lingkup Kota;
  10. mengoordinasikan pelayanan penerbitan dokumen pindah datang/pindah keluar antar Kabupaten/Kota dan antar Provinsi;
  11. mengoordinasikan data kelahiran dan kematian penduduk di Kecamatan;
  12. memfasilitasi dan melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pembinaan penduduk
  13. mengoordinasikan data pembentukan, pemecahan, penghapusan dan penggabungan Kelurahan, serta perubahan nama dan batas Wilayah;
  14. mengoordinasikan pelayanan pendistribusian Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan;
  15. memfasilitasi usulan penerbitan dan perbaikan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan;
  16. memfasilitasi pelayananan rekomendasi domisili partai politik;
  17. menyusun profil kecamatan dan profil pelayanan;
  18. melaksanakan  tugas  sebagian kewenangan yang dilimpahkan Walikota kepada Camat sesuai dengan lingkup Seksi Pemerintahan;
  19. menyelenggarakan pengelolaan naskah dinas dan arsip di lingkup  Seksi Pemerintahan;
  20. menyusun laporan dan melakukan evaluasi pelaksanaan tugas pegawai pada Seksi Pemerintahan; dan
  21. melaksanakan tugas lain dari atasan sesuai dengan tugas.


Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat memiliki tugas:

  1. menyusun perumusan dan pelaksanaan kebijakan strategis dan teknis pedoman, norma, standar, prosedur dan kriteria pada Seksi Pemberdayaan Masyarakat;
  2. menyusun perumusan dan  pelaksanaan program dan anggaran di lingkup Seksi Pemberdayaan Masyarakat;
  3. melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan pelaksanaan urusan Pemberdayaan Masyarakat;
  4. melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan pelaksanaan tugas pegawai pada Seksi Pemberdayaan Masyarakat;
  5. melaksanakan dan memfasilitasi pelatihan/sosialisasi/ kursus/ temu kader/ diskusi terkait pemberdayaan masyarakat;
  6. melaksanakan fasilitasi kegiatan Organisasi Sosial/Kemasyarakatan, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga  dan Lembaga Swadaya Masyarakat;
  7. mengoordinasikan, mengendalikan dan mengembangkan partisipasi masyarakat serta melaksanakan sosialisasi kebersihan dan lingkungan;
  8. melaksanakan pengawasan dan pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan di Kecamatan;
  9. memfasilitasi kegiatan lembaga pemberdayaan masyarakat, kepemudaan dan olahraga;
  10. memfasilitasi kegiatan Pemberdayaan Kesejateraan Keluarga dan Dharma Wanita;
  11. memfasilitasi pelaksanaan tempat belajar masyarakat;
  12. melaksanakan  tugas  sebagian kewenangan yang dilimpahkan Walikota kepada Camat sesuai dengan lingkup Seksi Pemberdayaan Masyarakat;
  13. menyelenggarakan pengelolaan naskah dinas dan arsip di lingkup Seksi Pemberdayaan Masyarakat;
  14. menyusun laporan dan melakukan evaluasi pelaksanaan tugas pegawai pada Seksi Pemberdayaan Masyarakat; dan
  15. melaksanakan tugas lain dari atasan sesuai dengan tugas.


Ketentraman dan Ketertiban Umum

Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum memiliki tugas:

  1. menyusun perumusan dan pelaksanaan kebijakan strategis dan teknis pedoman, norma, standar, prosedur dan kriteria pada Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum;
  2. menyusun perumusan dan  pelaksanaan program dan anggaran di lingkup Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum;
  3. melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan pelaksanaan urusan Ketentraman dan Ketertiban Umum;
  4. melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan pelaksanaan tugas pegawai pada Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum;
  5. melaksanakan pengawasan dan pengendalian terhadap Ketentraman Dan Ketertiban Umum di tingkat Kecamatan;
  6. mengoordinasikan pelaksanaan penegakkan Peraturan Daerah dan/atau Peraturan Walikota;
  7. memfasiilitasi Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana Satuan Perlindungan Masyarakat di tingkat Kecamatan;
  8. melaksanakan operasi penertiban reklame skala kecil, spanduk, umbul-umbul dan neonbox yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  9. memberikan pelayanan surat pengantar pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian;
  10. mengoordinasikan dan memfasilitasi penanganan penanggulangan bencana di Kecamatan;
  11. melaksanakan fasilitasi pembinaan kerukunan hidup beragama di Kecamatan;
  12. melaksanakan  tugas  sebagian kewenangan yang dilimpahkan Walikota kepada Camat sesuai dengan lingkup Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum;
  13. menyelenggarakan pengelolaan naskah dinas dan arsip di lingkup Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum;
  14. menyusun laporan dan melakukan evaluasi pelaksanaan tugas pegawai pada Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum; dan
  15. melaksanakan tugas lain dari atasan sesuai dengan tugas.